x

TELAGA CEBONG SIKUNIR

PESONA TELAGA CEBONG YANG MENGGODA

IMG_0545_1

Dataran tinggi dieng, sebagai daerah vulkanik yang banyak menyimpan keunikan dan keindahan alamnya yang dapat kita nikmati dan kita jelajahi yang akan membuat kita terpana dengan keagungan yang diberikan pada kita yang mana harus kita jaga dan kita lestarikan bersama. Sebagai daerah vulkanik tidak menutup kemungkinan akan kita temui dengan banyaknya kawah-kawah yang masih aktif dan banyaknya danau yang merupakan bekas letusan kawah pada ribuan tahun silam yang sudah tidak aktif lagi dan menjadi kantung air hujan. Telaga cebong salah satunya danau yang ada di dataran tinggi dieng yang menyuguhkan pesona alam disekitarnya dengan dihiasi gunung-gunung kecil atau perbukitan yang menambah keindahan danau tersebut.

Telaga cebong yang lokasinya terletak disebelah timur desa sembungan atau lebih tepatnya di kaki bukit sikunir yang kini menjadi salah satu tujuan utama wisata selain tempat wisata yang ada di dataran tinggi dieng, dengan banyaknya wisatawan yang ingin menikmati dan jelajahi pesona keindahan danau cebong.

Untuk bisa melihat keindahan danau cebong tidak hanya dari bawah/tepi danau saja, karena kita bisa menikmati keindahan danau tersebut dari atas bukit sikunir. Seperti biasa wisatawan setelah melakukan hunting sunrise di bukit sikunir mereka tidak akan melewatkan untuk bisa menikmati keindahan telaga cebong dari puncak sikunir, sehingga kita bisa tahu kenapa dinamakan telaga cebong. Asal usul nama telaga cebong konon menurut masyarakat setempat danau tersebut apabila kita lihat dari atas puncak sikunir terlihat seperti anak katak (kecebong), oleh sebab itu danau tersebut hingga saat ini dikenal dengan nama danau cebong.

IMG_0554_1