x

KAWAH SIKIDANG

KAWAH SIKIDANG

 IMG20140824121501
Salah satu kawah yang masih aktif yang ada di dataran tinggi dieng selain kawah sileri, kawah candradimuka, kawah sinila, kawah sibanteng dan kawah-kawah yang lainnya, yang terbentuk ribuan tahun yang silam dan membentuk kepundan di area kawah hingga kini masih menunjukan aktifitasnya baik berupa sulfatara maupun fumarola.
Kawah sikidang selain mempunyai karakteristik yang khas, kawah tersebut juga mem[punyai keunikan tersendiri yaitu bisa berpindah-pindah yang disebabkan adanya dapur magma yang berada di dalam perut bumi, yang menghasilkan panas dan energi dengan tekanan yang sangat kuat yang menghentak ke permukaan bumi, sehingga menghasilkan letusan kecil yang membentuk kawah-kawah kecil yang baru.
Asal usul kawah sikidang sampai sekarang masih menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat lokal Dieng sendiri, karena adanya beberapa versi cerita dari masyarakat yang menyebutkan kawah sikidang dari sisi mitos atau legenda di tengah masyarakat Dieng. Dari salah satu cerita rakyat yang berkembang di dataran tinggi dieng yaitu dari legenda kawah sikidang yang menceriterakan latar belakang sebuah kisah cinta raja kidang garungan yang berakhir tragis.
Terlepas dari itu ternyata di area kawah sikidang bisa merasakan aroma khas seperti bau belerang dan tidak sedikit para wisatawan juga memanfaatkan lumpur dari kawah tersebut karena bisa juga digunakan sebagai paenghalus kulit dan gatal-gatal.