x

DIENG CULTURE FESTIVAL

DIENG CULTURE FESTIVAL

Dieng culture festival adalah kegiatan yang merupakan agenda tahunan kelompok sadar wisata ( POKDARWIS ) di pegunungan dataran tinggi Dieng yang menampilkan berbagai attraksi kesenian dan budaya lokal.

Puncak dari acara Dieng culture festival  tersebut adalah ruwatan atau pencukuran anak-anak berambut Gembel di dataran tinggi Dieng, kegiatan tersebut merupakan sebuah event yang menampilkan Fenomena Unik dan menarik yang di anggap sebagai titipan penguasa gaib dan bahkan Pemangku adat setempat meyakini bahwa gembel adalah Tititpan Ki Kala Dete.

Upaya dan tata cara untuk menghilangkan rambut gembel hanya bisa dilakukan dengan upacara Ruwatan yaitu Ritual Pencukuran rambut Gembel. Ritual ini di laksanakan atas permintaan dari si anak tersebut dan biasanya sianak tersebut akan meminta jejaluk atau permintaan pada orang tuanya, yang mana permintaan tersebut harus dituruti apapun yang merek minta . Dalam kegiatan pekan budaya lokal di dataran tinggi dieng tradisi atau Ruwat anak rambut Gembel di awali dengan beberapa Prosesi yaitu:

Napak Tilas : napak tilas ini merupakan satu prosesi dengan mendatangi beberapa tempat yang masih dianggap sakral,termasuk mengambil air dari tujuh mata air yang masih berada di kawasan dataran tinggi dieng.

Kirab Rambut Gembel ( Parade ) : kirap rambut gembel adalah kegiatan arak arakan mengelilingi desa yang diawali dari kediaman sesepuh atau pemangku adat yang akan berahir di sendang maerokoco, untuk melanjutkan prosesi selanjutnya.

Jamasan rambut Gembel : jamasan adalah kegiatan memandikan anak berambut gembel sebelum melakukan pencukuran yang dilakukan di area darmasala, tepatnya di sendang maerokotco,

Pencukuran Rambut Gembel : pencukuran merupakan pemotongan rambut rambut gembel yang dilaksanakan di komplek candi Arjuna  oleh sesepuh desa atau pemangku adat setempat.

ngalab berkah : kegiatan yang dilakukan setelah pencukuran rambut gembel dan  penyerahan jejaluk/permintaan pada anak berambut gembel, dan dilanjutkan para sesepuh memberikan doa dan membagikan beberapa nasi tumpeng  dan yang lainnya yang telah mengikuti kirab yang dimulai dari kediaman pemangku adat Dieng.

Pelarungan rambut gembel : rambut gembel yang telah dicukur dan diberkahi doa tadi kemudian di larungkan ke sungai ataupun telaga.

Selain Ritual inti ( pencukuran rambut anak gembel ) dalam Event Dieng Culture Festival juga di tampilkan berbagai atraksi seperti Pentas Seni tradisional dan Budaya pendukung event lainnya yang tak kalah menarik untuk di saksikan.

ditulis oleh :